www.nozacompany.co.de. Powered by Blogger.

Saturday, June 18, 2011

Cara Mengetahui Waktu Awal Puasa Versi IT


Dalam zaman yang sudah maju seperti ini semestinya kita tak perlu lagi menggunakan metode – metode lama untuk mengetahui informasi yang benar. Semua telah dibuat sedemikian rupa sehingga mempermudah kita untuk mendapatkan informasi.

Diantaranya adalah ketika kita ingin menentukkan awal bulan puasa. Kita tak perlu lagi menggunakan metode teropong.. Disamping keakuratan tidak terjamin, manusia juga dapat berbohong. Lain halnya dengan computer. Mereka tidak akan repot-repot membohoni kita.

Pada Oprating System UBUNTU terdapat software aplikasi yang adapat kita gunakan untuk mengetahui pergerakan benda – benta langit di tatasurya kita. Aplikasi itu bernama STELLARIUM. Stellarium adalah software planetarium membantu kita untuk mengetahui yang akan terjadi pada tatasurya kita. Seperti gerhana bulan, gerhana matahari, bahakan menentukkan awal bulan puasa.

Berikut langkah – langkah mengetahui awal bulan puasa dengan menggunakkan stellarium :

1.  Anda harus menggunakkan Oprating System Ubuntu untuk mencobanya. Download aplikasi Stellarium di Ubuntu Software Center















2. Jika software sudah terinstall. Masuk ke aplikasi tersebut. Geser kursor kepojok kiri bawah. Kemudian tab akan keluar, pilih “location window” atau bisa dengan menekan tombol F6. Kemudian pindah lokasi melihat anda. Semisal di Yogyakarta maka tulis saja “Yogyakarta”. Jika lokasi anda tidak terdapat disana maka bisa anda klik peta tersebut untuk menunjukkan dari mana anda melihat.  















3.   Supaya lebih jelas sebaiknya ganti landscape anda di laut. Caranya dengan mengklik tab “sky and viewing options window” atau dengan menekan tombol F4.















4. Kemudian ganti tanggal dan waktu keadaan tatasurya kita yang akan anda lihat. Caranya dengan menglkik tab “Date / time windows” atau dengan menekan tombol F5. Atur waktunya. Missal 2011/8/1 pukul 17.54. Karena kita akan melihat pada tanggal 1 Agustus sudah di Bulan Ramadhan atau belum. Maka disetting demikian.  















5. Kemudian kita mencari sang bulan. Caranya dengan mengklik tab “ Search Windows” atau dengan menekan F3. Tulis “MOON” kemudian bulan akan terlihat.  















6. Bulan di bawah ini akan terlihat. Perbesar dengan menggunakan scroll yang ada di mouse.  















7. Pada pojok kiri atas menunjukkan spesifikasi bulan tersebut. Karena sudutnya sudah lebih dari 4 derajat maka kita sudah memasukki bulan puasa.  



















Semoga membuka wawasan kita lebih luas.. Terimakasih atas perhatian saudara dan saudari sekalian..